Saturday, April 23, 2016

Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud Yang Paling Afdhal

Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud Yang Paling Afdhal
Sebagaimana kita ketahui, bahwasanya sholat sunnah Tahajud merupakan salah satu amalan bagi orang-orang yang sholeh, dimana diantaranya adalah sholat malam atau sholat tahajud yang sangat disarankan oleh Rasulullah SAW. 

Rasulullah SAW sendiri tidak pernah meninggalkan sholat sunnah tahajud ini, bahkan dalam melaksanakan sholat tahajud, beliau melakukannya hingga terbit fajar dengan mengurangi waktu tidur. Artinya waktu tidur malamnya beliau sangat sedikit sekali. 


Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Afdhal 


Waktu sholat Tahajud yang paling baik secara teori dan dalilnya tidak ada diuraikan secara detail, hanya saja sholat sunnah tahajud biasanya dilakukan pada waktu selesai melaksanakan sholat Isha yang didahului dengan tidur sebentar. 

Namun pada hadist lain disebutkan bahwa pada sepertiga malam terakhir sangat baik jika melakukan ibadah, karena pada saat itu Allah SWT turun kelangit dunia untuk mengabulkan doa-doa para hambaNya. 

Sebagaimana sesuai dengan Hadist Rasulullah: 

“Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.” (H.R Al Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758)  

Sepertiga malam terakhir disini disebutkan sekitar pukul 02.00 dini hari, hingga pukul 04.00 pagi hari, jadi pada waktu tersebutlah sangat afdhal untuk melaksanakan sholat tahajud hingga waktu pajar menyingsing sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap malamnya. 

Sesuai dengan hadist riwayat dari Imam Ahmad bahwasanya, Aisyah ra mengatakan;

“Rasulullah mengerjakan sholat malam setelah mengerjakan shalat Isya hingga waktu fajar menyingsing”. 

Demikianlah, waktu sholat Tahajud yang paling afdhal dan baik, jika dirasa bermanfaat tolong bantu sebarkan atau SHARE info ini. 

Sumber: Muslimterbaru.com

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com