Tuesday, April 19, 2016

Para Ilmuwan Memprediksi Bakal Terjadi Gempa Bumi Super Dahsyat

Para Ilmuwan Memprediksi Bakal Terjadi Gempa Bumi Super Dahsyat
Para ilmuwan memprediksi akan adanya gempa super dahsyat atau Mega Quake menyusul terjadinya gempa bumi yang melanda wilayah Ring of Fire dalam sepekan ini.

Seperti diketahui, setelah Jepang kemudian Equador yang diguncang gempa berkekuatan 7,8 SR. Gempa bumi juga mencatat mengguncang kawasan Kepulauan Tonga yang masih satu rangkaian dengan zona subduksi Pasifik.

Gempa bumi yang melanda wilayah Jepang terjadi sampai dua kali, yakni pada hari Kamis (14/04/2016) berskala 6,2 SR dan hari Sabtu (16/04/2016) yang beskala 7,3 SR. Tidak lama kemudian yaitu pada hari Minggu (17/04/2016) gempa bumi berskala 6,1 SR melanda Kepulauan Tonga yang berada di dekat Pasifik.

Tidak ada laporan kerusakan akibat kejadiajn tersebut. Terakhir, ujung lain dari Cincin Api, yakni Equador juga diguncang gempa bumi berskala 7,8 SR.

Seismolog dari Universitas of Colorado, Roger Bilham mengatakan, "Serangkaian kejadian tersebut dapat memicu gempa  bumi dengan kekuatan sekitar empat kali lebih besar dari magnitudo 8,0. Dan bila tertunda, tekanannya terakumulasi selama berabad-abad memicu gempa mega yang lebih berbahaya", demikian kata Roger Bilham seperti dikutip dari media Daily Mail, Senin (18/04/2016).


Para Ilmuwan Memprediksi Bakal Terjadi Gempa Bumi Super Dahsyat

Selain empat gempa besar di wilayah itu, pekan lalu juga ada getaran di wilayah Filipina, Vanuatu dan Myanmar yang juga masuk di jalur Cincin Api.

Sebagaimana dilaporkan, warga di daerah Nias Selatan, propinsi Sumatera Utara juga dikagetkan dengan kejadian dua kali gempa pada hari Minggu kemarin dengan skala 5 dan 5,1 SR.

Perlu diketahui, bahwa jalur Cincin Api berbentuk seperti tapal kuda yang membentang di wilayah Samudera Pasifik. Itu menjadi lokasi di mana lempeng tektonik bergeser sehingga gempa dan gunung berapi adalah hal yang umum.

Menurut US Geological Survey, yaitu sebuah lembaga independen yang memonitor bencana alam, gempa bumi mega memang jarang terjadi, akan tetapi bukannya itu tidak mungkin. Pasalnya, daerah di mana pergeseran lempeng terjadi, mampu menghasilkan gempa bumi yang berkekuatan 10 SR.

Namun, para ilmuwan belum dapat sepenuhnya memperhitungkan mega gempa itu, karena baru mengukur aktivitas seismik dalam waktu 100 tahun terakhir.
Gempa yang terjadi di Ekuador Minggu malam menjadi yang terbesar dalam beberapa dekade terakhir bagi negara itu. Selain menewaskan 77 orang, gempa tersebut melukai 588 orang lainnya.

Para Ilmuwan Memprediksi Bakal Terjadi Gempa Bumi Super Dahsyat"Saya takut bahwa angka korban akan terus meningkat," kata seorang presiden Correa yang tampak terguncang dalam pidato di televisi.

"Ada tanda-tanda kehidupan di balik reruntuhan, dan ini yang sedang diprioritaskan," katanya.

Sekitar 10.000 tentara dan 3.500 polisi dikerahkan ke kawasan-kawasan yang diterjang gempa untuk membantu operasi penyelamatan. Presiden memperingatkan bahwa gempa akan menelan biaya miliaran dolar. 

Padahal saat ini negara penghasil minyak itu masih mengalami kesulitan ekonomi akibat merosotnya harga minyak mentah global belakangan ini.

***


0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com