Tuesday, February 16, 2016

Sholat Tahajud : 10 Manfaat Dan Keutamaannya

Sholat Tahajud : 10 Manfaat Dan Keutamaannya
Setiap orang mu'min sudah pasti senantiasa mengharapkan menjadi muslim dan mu'min yang terpuji dihadapan Allah SWT. Tentu saja ingin mendapatkan predikat sebagai seorang muslim yang sejati dimata Allah SWT. Setiap muslim ingin beramal sholeh semaksimal mungkin dan bertaqwa dihadapan sang pencipta-Nya kelak.

Hal ini pula yang selalu dipikirkan oleh kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Sehingga tidak jarang mereka selalu melakukan kewajiban serta melaksanakan sunnah secara sempurna. Begitu banyak sunnah yang diajarkan serta dicontohkan oleh baginda Rasululloh SAW guna menuntun kehidupan umatnya di alam dunia ini.

Tentu saja, salah satunya adalah mendirikan sholat sunnah Tahajud yang dilakukan oleh kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Sholat tahajud sendiri adalah shalat sunnah yang pelaksanaannya dikerjakan pada malam hari terutama setelah seseorang itu sehabis tidur.

Ibadah ini termasuk sholat sunnah muákadah, yaitu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan dikuatkan dengan syara'. Banyak orang yang melaksanakannya dikala orang lain tengah tidur pulas dibuai mimpi, sementara dia bangun dari tidur malamnya.

Adapun waktu pelaksanaan sholat tahajud yang paling mustajab dan paling afdhol adalah sepertiga (1/3) malam terakhir. Dimana para malaikat turun kebumi dan Allah SWT mengabulkan setiap doa hamba-Nya.

Tidak hanya mendapat pahala dari Allah SWT, namun juga serentetan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita. Banyak orang yang mengatakan bahwa sholat tahajud diyakini akan memberi ketenangan dan kedamaian jiwa. 

Seseorang yang terbiasa bangun tidur di tengah malam kemudian melaksanakan sholat tahajud pasti mampu mengontrol dirinya sendiri.


10 Manfaat Dan Keutamaan Sholat Tahajud


Setidaknya, ada beberapa manfaat bagi seorang mu'min yang melaksanakan sholat tahajud yang disampaikan melalui berbagai penelitian, yaitu;

1. Menghapus Dosa Dan Mencegah Berbuat Dosa.

Sholat tahajud, adalah suatu ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang sholeh. Ibadah ini untuk mendekatkan diri seorang manusia kepada pencipta-Nya. Sholat tahajud mampu menjadi media sebagai penghapusan dosa.

Merekapun pasti memperkuat iman dan mernjauhkan diri dari p[erbuatan dosa, baik itu dosa yang besar maupun dosayang kecil. 

Rasulullo SAW bersabda: Sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, sebagai penghapus dosa serta mencegah untuk berbua dosa.

2. Tanda Taqwanya Terlihat Di Muka

Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan terlihat bersinar di wajahnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertaqwa kepada Allah SWT. Tanda-tanda ketaqwaan tersebut selalu terlihat oleh orang-orang di sekitar mereka.

Hal tersebut bisa jadi pelecut semangat bagi kaum muslimin yang lainnya untuk selalu melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud tetap menjaga keimanan seseorang teguh kepada sang Maha Penyayang.

3. Melancarkan Aliran Darah di Tubuh

Sholat tahajud yang paling utama dilaksanakan adalah pada sepertiga malam terakhir, kira-kira pukul 02.00 sampai menjelang kumandang adzan shubuh. Setiap muslim umumnya terbangun pada jam tersebut untuk mengerjakan sholat tahajud dan beribadah pada Sang Pencipta. 

Ibadah ini nyatanya tak hanya sekedar berbagi keluh kesah dengan Sang Khaliq, namun memberikan juga udara  yang segar bagi seluruh organ tubuh. Ketika itu, udara di atmosfir masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. 

Dengan sholat tahajud, akan menggerakan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar. Karena oksigen yang segar akan segera menghilang ketika Matahari terbit bersinar dan kembali pada pagi esok berikutnya. 

Maka, hanya orang-orang yang terbangun diwaktu sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajudlah yang bisa merasakan segarnya udara.

4. Membesarkan Rongga Paru-paru

Manfaat gerakan sholat nyatanya juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal tersebut diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. 

Kerap kali kita dapat merasakan paru-paru jauh lebih lapang daripada sebelumnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu olah napas yang sangat baik selain berolahraga tentunya.

5. Jaminan Masuk Surga

Rasululloh SAW pernah mengatakan, bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. Hal ini sempat pula diriwayatkan dalam salah satu hadits, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

6. Pikiran Jauh Lebih Segar

Bangun tidur pastinya Anda memiliki pikiran yang jauh lebih jernih. Bayangkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100.000 kali dan bernapas sebanyak 20.000 kali. Setiap organ tersebut memerlukan waktu istirahat yang cukup. 

Nyatanya tidur adalah istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan demikian, seluruh organ tubuh akan beristirahat dari setiap tugas beratnya. Tidur membantu tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu, menambah kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik. 

Maka, dengan alasan tersebutlah yang menjadikan shalat tahajud dilaksanakan setelah bangun dari tidur. Dengan pikiran yang jauh lebih fresh dan segar membuat gerakan shalat kita juga lebih khusyu’ dan mampu memaknai ayat-ayat suci Al-Qur’an.

7. Mendapatkan Keringanan Ketika di Hisab di Akhirat

Keutamaan lainnya dari sholat tahajud adalah mendapatkan keringanan di hari akhir nanti. Setiap orang pastinya mempunyai catatan dosa dan pahala yang akan diterima di akhirat. Apabila catatan amalnya lebih banyak, niscaya surga tempatnya. Namun bila sebaliknya, sudah barang tentu neraka adalah tempatnya yang tepat. 

Bagi seorang muslim yang taat, shalat tahajud bisa menjadi sarana media untuk mendapatkan keringanan ketika dihisab di akhirat nanti. Allah SWT akan memberikan keutamaan ini kepada mereka yang memohon ampunan dan senantiasa berdoa di sepertiga malam terakhir.

8. Memperoleh Cinta Allah

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dan kasih sayang dari Allah SWT. Sebagaimana beliau pernah bersabda kepada Abu Darda’ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. 

Kaum mukmin, memutuskan meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah. Segala pengampunan doa diberikan Allah kepada orang-orang tersebut. Tentu saja cinta Allah kepada orang-orang shaleh tak berputus hingga hari akhir dan perhitungan nanti.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Secara bio-teknologi, penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Di samping itu, bagi para penderita kanker akan merasakan manfaat lainnya, yaitu menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda. 

Pada bidang ini pula dikatakan bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah. Alasan inilah yang menjadikan mengapa shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat sekalipun. Anda akan merasakan begitu banyak manfaat dalam gerakan shalat malam tersebut.

10. Shalat Yang Paling Afdol Setelah Shalat Wajib 5 Waktu

Kewajiban setiap muslim di seluruh dunia adalah mengerjakan shalat wajib 5 waktu. Allah SWT menyukai umat-Nya yang selalu mengingat-Nya baik dalam keadaan senang maupun sedih. 

Tak ada tempat berbagi ataupun mengadu yang lebih baik selain kepada Allah SWT. Shalat tahajud menjadi salah satu ibadah yang paling afdol setelah shalat 5 waktu. 

Baca juga: 10 Cara Cepat Kaya Dan Bahagia Dengan Sholat Tahajud

Shalat tengah malam memberi kesempatan kepada Anda untuk beribadah lebih khusyu’. Waktu tersebut juga sangat tepat untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan dari Sang Pencipta.

***









1 comment:

  1. Jazakumullah infonya akhi & ukhti, menambah referensi keislaman saya ..

    jangan lupa Mampir dan Update Info Lowongan Kerja Terbaru Anda Disini : Expo CPNS BUMN (Expo Loker : http://expocpnsbumn.blogspot.com/)

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com